Mengenal HTML: Bahasa Pemrograman yang Menjadi Tulang Punggung Halaman Web

Mengenal HTML: Bahasa Pemrograman yang Menjadi Tulang Punggung Halaman Web

HTML, atau Hypertext Markup Language, adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML memungkinkan penulis untuk menulis konten pada halaman web dan menentukan bagaimana konten tersebut ditampilkan pada browser web. HTML menggunakan tag yang ditempatkan di antara tanda kurung sudut () untuk menentukan struktur dan tampilan halaman web.

Sejarah HTML dimulai pada tahun 1989 ketika seorang fisikawan bernama Tim Berners-Lee mengembangkan sebuah konsep yang disebut World Wide Web (WWW). Ide dasar dari WWW adalah untuk membuat informasi mudah diakses dan dibagikan di seluruh dunia melalui internet. Untuk mencapai tujuan ini, Berners-Lee membutuhkan cara untuk menampilkan informasi secara terstruktur dan mudah dibaca di browser web.

Pada awalnya, Berners-Lee menggunakan SGML (Standard Generalized Markup Language) untuk membuat halaman web. Namun, SGML adalah format yang rumit dan membutuhkan spesifikasi yang rumit. Oleh karena itu, Berners-Lee memutuskan untuk mengembangkan format yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Inilah awal mula munculnya HTML.

Html Versi Pertama

Versi pertama dari HTML, HTML 1.0, diterbitkan pada tahun 1993. Versi ini sangat sederhana dan hanya mendukung sejumlah kecil tag HTML dasar. Namun, versi ini membuka jalan untuk pengembangan HTML lebih lanjut.

Html Versi Kedua

Pada tahun 1995, versi HTML 2.0 dirilis. Versi ini mendukung lebih banyak tag HTML dan memperkenalkan beberapa fitur baru seperti tabel dan form. Versi ini juga menjadi standar resmi pertama dari HTML.

Html Versi Ke Tiga

HTML 3.0 dirilis pada tahun 1996, yang memperkenalkan CSS (Cascading Style Sheets) untuk memisahkan antara struktur dan tampilan halaman web. Ini memungkinkan pengembang untuk lebih mudah mengelola tampilan halaman web.

READ  Cara Membuat Background Color Blur di Website
Html Versi ke Empat

HTML 4.0 dirilis pada tahun 1997, yang memperkenalkan lebih banyak tag HTML dan fitur baru seperti iframe dan layer. Ini juga memperkenalkan standar untuk pengembangan web responsif.

Html Versi ke lima

HTML5 adalah versi HTML terbaru dan dirilis pada tahun 2014. Ini adalah versi yang paling canggih dan mendukung lebih banyak tag HTML dan fitur baru seperti audio dan video, canvas, dan animasi. HTML5 juga mendukung pengembangan web responsif dan memberikan dukungan yang lebih baik untuk pengembangan aplikasi web. HTML5 telah menjadi standar resmi untuk pengembangan web modern.

 

Kesimpulannya,

HTML telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat penting dalam pengembangan web dan memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Dari versi awal yang sederhana hingga versi terbaru yang sangat canggih, HTML terus berkembang dan meningkatkan cara kita mengakses dan mengelola informasi di internet.

Jika Anda belum memiliki website untuk bisnis, Satriadev siap membantu Anda lewat jasa pembuatan website. Kami telah berpengalaman menangani proyek pembuatan website untuk bisnis dari berbagai macam industri.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments